Senin, 13 Februari 2012

CARA MEMBUAT ALAT PEMOTONG BUSA [GABUS]

Alat dan Bahan yang diperlukan :
a. Kayu lempengan [papan].
b. Paku triflek dua buah.
c. Kabel mono ± 40 cm.
d. Sakelar.
e. Kawat Necklin ±15 cm.
f. Adaptor.

- Pertama-tama bentuklah kayu lempengan tersebut menyerupai huruf “Y”, buatlah sedemikian rupa, kedalaman masuk pada lembar busa tergantung panjang dan pendeknya dua sisi cabang pada huruf Y tersebut.
- Benamkan dua paku dikedua ujung cabang kayu, sisakan ± 2 mm untuk tempat mengait kawat Necklin dan kabel mono.
- Lilitkan kabel mono di sisi-sisi kayu dengan alat perekat [solasi / lakban], kaitkan pada dua paku diujung kayu, ujung yang lain kaitkan pada sakelar [on-off].
- Pasang sakelar diujung kaki kayu yang mudah di jangkau oleh jari.
- Untuk mendapatkan kawat Necklin carilah didalam bekas lampu neon atau beli saja di toko elektronik. Lalu rentangkan kawat Necklin tersebut dan kaitkan pada paku diujung kayu untuk menghubungkan dengan kabel mono, lalu tekan / pukul dengan palu sampai benar-benar terbenam kuat agar ikatan kabel tidak lepas.
- Gunakan Adaptor sebagai penghantar arus listrik yang diperlukan, atur sesuai kebutuhan, jika terlalu panas turunkan voltasenya, jika kurang panas maka tambahkan voltasenya, itu dapat dirasakan melalui berat dan ringannya saat menarik alat pemotong selama masih berada ditengah-tengah / didalam lembar busa.
- Untuk memudahkan saat memotong busa dan agar bekas potongan tidak bergelombang karena mungkin efek getaran pada tangan, sebaiknya buat / gunakan cetakan huruf [mal] dari bahan kertas karton.
Semoga ini bermanfaat bagi kita yang hobi berkreatifitas, selamat mencoba

0 komentar:

Poskan Komentar